GEOGRAFI REGIONAL INDIA

INDIA
India merupakan Negara tertua di dunia kurang lebih 300 tahun india dijajah oleh inggris. Lalu pada tanggal 15 Agustus 1947 India memerdekakan negaranya namun pada saat itu pakistan masih bersatu dengan india. India yang beribu kotakan di New Delhi yang telah memisahkan dengan pakistan yang mayoritas agama islam.
Luas Wilayah india 3.316.500 KM dengan letak astronomis 8 LU-37 LU dan 68 BT-97 BT. letak geografis india terlettak di Asia Selatan yang berupa semenanjung.
Batas-batas negara India :
Utara : Nepal,Bhutan dan Cina
Timur : Bangladesh, Myanmar, dan teluk Banggala
Selatan : Sri Lanka dan Samudra Hindia
Barat : Pakistan dan Laut Arab

TOPOGRAFI INDIA
Bentuk wilayah Negara India berupa pegunungan tinggi yaitu daerah pegunungan Himalaya di utara. Dataran Rendah gangga tengah, di daerah ini daerah yang subur dikarenakan dilalui oleh sungai gangga dan sungai Bharma Putra. sehingga dapat menjadi lahan pertanian yang padat. Pantai india sebelah barat disebut pantai Malabara, sedankan disebelah timur dinamakan pantai coromandel. India juga terdapat sungai yang digunakan untuk irigasi antara lain sungai Godavari, Krisnhna dan Mahanadi.
Iklim Negara India yaitu iklim Tropis yang disebabkan oleh angin Muson.

KEBUDAYAAN SOSIAL EKONOMI DAN DEMOGRAFI


Negara India Merupakan Negara yang mayoritas agamanya ialah Agama Hindu dan sisanya ialah agama Islam,budha dan kristen. Tak heran juga bila negara ini banyak peninggalan masa lampau seperti Taj Mahal dan tempat suci agam hindu yaitu kuil emas yang terletak di Punjab. Penduduk India sebesar 988.700.000 jiwa dan penduduk terpadat kedua setelah RRC. India termasuk Ras kaokasoid (orang Aria) dan banyak lagi macam suku di india.
Kegiata ekonomi negara india ini yaitu pertanian, perkebunan, peternakan, perindustrian dan perdagangan.

PEMERINTAHAN
Bentuk pemerintahan negara India ialah Republik dengan kepala negara seorang Presiden dan perdana mentri sebagai kepala pemerintah. Sistem pemerintahannya yaitu parlemen. Perdana mentri di angkat oleh parlemen sedangkan presiden diangkat melalui pemilu. Pembentukan sistem politik dan pemerintahan india tentunya memperoleh inspirasi dari amerika serikat yang menganut politik liberal dan praktek konstitusi inggris yang dahulunya merupakan penjajah india.

KERJASAMA INDIA DENGAN INDONESIA
Dibidang politik kedua negara ini saling menempatkan duta besarnya, dibidang ekonomi Indonesia mengimport ke india ialah bajaj,bus, sapi Anggole dan bahan textil, sedangkan indonesia mengekspor ke india ialah hasil rempah-rempah dan hasil pertanian lainnya dan juga termasuk batu bara.dibidang sosial kerja sama antara india dan indonesia ialah indonesia mengirimkan bantuan medis dan obat-obatan dan juga pada tahun 1946 mengirim 3 juta ton  ke india untuk menghindarkan bahaya kelaparan di india. tak lupa juga kerjasama india dan indonesia ialah pertukan pemuda,pelajar dan mahasiswa antar negara.

Related Posts:

0 Response to "GEOGRAFI REGIONAL INDIA"

Posting Komentar